6 Tips Penataan dan Dekorasi Rumah Sederhana

Spread the love

Ikuti 6 tips penataan dan dekorasi rumah sederhana namun elegan dan cantik di bawah ini. Sehingga Anda bisa memiliki rumah yang bagus dan juga nyaman untuk ditinggali. Memang setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda-beda soal penataan dan dekorasi rumah namun tidak ada salahnya mencari rekomendasi yang bagus dan juga cantik.

Apalagi bagi Anda yang memiliki rumah baru sehingga perlu mencari ide atau rekomendasi penataan dan dekorasi rumah yang tepat. Ada banyak sekali tips menata dan mendekorasi rumah sederhana namun elegan dan cantik. Nah, di bawah ini ada 6 tips menata dan mendekorasi rumah sederhana namun elegan dan cantik sehingga Anda merasa betah berada di rumah.

Ide Penataan dan Dekorasi Rumah Sederhana Tapi Elegan dan Cantik

Ide penataan dan dekorasi rumah sederhana namun terlihat elegan dan cantik adalah :

  1. Membuat Area Membaca

Ide atau tips penataan dan dekorasi rumah sederhana tapi elegan dan cantik pertama adalah dengan membuat area membaca. Apalagi bagi Anda yang hobi membaca buku dan sudah memiliki cukup banyak koleksi buku sehingga wajib membuat area membaca. Anda bisa memilih sudut atau area membaca yang paling nyaman sehingga bisa berlama-lama berada di sana untuk membaca buku.

Pastikan juga Anda memberikan kursi atau meja untuk membaca buku dengan nyaman. Selain itu, berikan penerangan yang cukup demi kenyamanan Anda selama membaca buku di sana. Anda juga perlu memaksimalkan sudut area membaca dengan memberikan meja kecil beserta ornamen-ornamen kecil yang lucu dan juga menarik.

  1. Mempercantik Area Jendela

Anda dapat mempercantik area jendela sebab banyak masyarakat yang melupakan bagian ini. Padahal jika Anda dapat mempercantik area jendela pasti akan terlihat jauh lebih cantik dan juga menarik. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercantik area jendela, seperti memilih gorden gaya shabby chick sehingga akan terlihat jauh lebih menarik.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan pot kecil di bagian jendela sehingga akan memberikan kesan lebih fresh. Anda dapat memilih jenis tanaman hijau dan tidak terlalu besar supaya tidak mengganggu pemandangan ke luar jendela.

  1. Menggunakan Cat Warna Hitam

Tidak ada salahnya Anda memilih cat warna hitam untuk memberikan kesan elegan dan cantik di rumah Anda. Apalagi warna hitam memiliki kesan elegan dan juga homey untuk rumah Anda jadi boleh dicoba. Memang banyak orang yang merasa kurang nyaman dengan cat warna hitam di dinding rumahnya karena terkesan suram.

Oleh sebab itu, Anda perlu tahu trik memberikan cat warna hitam yang tepat di dinding rumah Anda. Contohnya adalah dengan mengaplikasikan shade yang jauh lebih terang dan dipadukan dengan warna putih, emas atau elemen kayu. Sehingga tidak terkesan terlalu gelap dan suram jika hanya didominasi dengan warna hitam saja.

  1. Menata Ruang Makan Dekat Jendela

Ide penataan rumah yang elegan dan cantik dapat dilakukan pada ruang makan. Caranya adalah Anda dapat menata ruang makan di dekat jendela sehingga akan lebih nyaman sarapan sambil melihat pemandangan di luar rumah. Apalagi jika Anda memiliki jendela yang cukup lebar sehingga dapat menempatkan meja makan di sebelahnya.

Ruang makan Anda akan terlihat lebih menarik dan juga lebih terang jika posisinya berada di dekat jendela. Apalagi bagi Anda yang memiliki taman sehingga jendela ruang makan bisa langsung menghadap ke area taman yang hijau dan segar. Makan pun akan semakin lahap dan nikmat dengan sajian pemandangan yang hijau di taman.

  1. Menghiasi Lorong Rumah Anda

Cobalah untuk menghiasi lorong rumah Anda sehingga siapa saja yang melewati lorong tersebut untuk masuk ke dalam ruang utama di rumah akan terkesan. Biasanya bagian lorong masuk ke dalam rumah kurang menjadi perhatian sehingga tidak ada salahnya Anda mendekorasi dengan baik. Contohnya adalah dengan memasang foto keluarga saat liburan atau momen spesial di sana.

Selain itu, Anda juga dapat menaruh ornamen klasik seperti guci atau meja untuk mempercantik lorong rumah Anda. Di atas meja dapat diberikan pajangan atau ornamen yang menarik, seperti bingkai foto kecil, patung kecil atau kerajinan lainnya yang cukup menarik sehingga tidak membosankan.

  1. Menata Rak Buku

Terakhir adalah Anda perlu menata rak buku dengan baik secara berkala. Apalagi ada beberapa buku yang sudah lama tidak tersentuh sehingga menjadi berdebu. Oleh sebab itu, Anda harus membersihkan debu-debu yang menempel di buku atau di rak bukunya supaya bersih.

Selain itu, Anda dapat menambahkan buku baru yang belum pernah Anda baca sehingga orang lain yang berkunjung ke rumah dapat membacanya. Anda juga bisa menata ulang posisi tempat duduk dan rak buku supaya tidak bosan selama membaca buku di sana dengan suasana baru.

Demikian contoh ide atau tips penataan dan dekorasi rumah sederhana tetapi elegan dan cantik yang bisa Anda coba di rumah.